Jumat, 04 Maret 2011

ASCII, BINER, HEX Encoder Decoder

Seperti yang kita ketahui bersama, ASCII: Biasanya disebut juga dengan file teks, Text-Only file, atau file teks ASCII. Sebuah ASCII File ini berisi karakter, spasi, lambang khusus, simbol untuk menuju baris berikutnya, tanda tabulasi, dan tanda akhir dari file. File ini tidak berisi informasi tentang susunan dari tampilan isi file. Merupakan suatu standar internasional dalam kode huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode tetapi ASCII lebih bersifat universal, contohnya 124 adalah untuk karakter ³|´. Ia selalu digunakan oleh komputer dan alat komunikasi lain untuk menunjukkan teks. Kode ASCII sebenarnya memiliki komposisi bilangan biner sebanyak 8 bit. Dimulai dari 00000000 hingga 11111111. Total kombinasi yang dihasilkan sebanyak 256, dimulai dari kode 0 hingga 255 dalam sistem bilangan Desimal.

Sedangkan bilangan biner atau sistem bilangan basis dua adalah sebuah sistem penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1. Sistem bilangan biner modern ditemukan oleh Gottfried Wilhelm Leibniz pada abad ke-17. Sistem bilangan ini merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital. Dari sistem biner, kita dapat mengkonversinya ke sistem bilangan Oktal atau Hexadesimal. Sistem ini juga dapat kita sebut dengan istilah bit, atau Binary Digit. Pengelompokan biner dalam komputer selalu berjumlah 8, dengan istilah 1 Byte/bita. Dalam istilah komputer, 1 Byte = 8 bit. Kode-kode rancang bangun komputer, seperti ASCII, American Standard Code for Information Interchange menggunakan sistem peng-kode-an 1 Byte.(Wikipedia)
Heksadesimal atau sistem bilangan basis 16 adalah sebuah sistem bilangan yang menggunakan 16 simbol. Berbeda dengan sistem bilangan desimal, simbol yang digunakan dari sistem ini adalah angka 0 sampai 9, ditambah dengan 6 simbol lainnya dengan menggunakan huruf A hingga F.(Wikipedia)

Base64 adalah sekelompok skema pengkodean serupa yang mewakili data biner dalam format string ASCII dengan menerjemahkannya ke dalam sebuahrepresentasi-64 radix. Istilah Base64 berasal dari sebuah pengkodean konten MIME transfer tertentu.
Skema pengkodean Base64 biasanya digunakan ketika ada kebutuhan untuk menyandikan data biner yang perlu disimpan dan ditransfer melalui media yangdirancang untuk menangani data tekstual. Hal ini untuk memastikan bahwa data tetap utuh tanpa perubahan selama transportasi. Base64 digunakan umum dalam beberapa aplikasi termasuk email melalui MIME, dan menyimpan data yang kompleks dalamXML.
(Wikipedia)

Sebuah aplikasai online yang sangat menarik (menurut saya), yang dapat merubah format biner,hex,base64, dan text ascii. Aplikasi yang satu ini, menggunakan lisensi GNU. Jadi kita bisa menggunakannya secara cuma - cuma, bahkan kita juga bisa minta source code nya. Untuk anda yang dermawan disediakan pula link donasi. Ingin mencobanya ?, silahkan klik disini. Selamat mencoba.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar