Jumat, 18 Maret 2011

Google Voice Search Berbahasa Indonesia ‎

foto oleh: Tabloid Pulsa
Google Voice Search adalah alat dari Google Labs, yang mengizinkan seseorang menggunakan telepon mereka untuk membuat permintaan ke Google. Setelah seseorang menghubungi sistem Google Voice Search di nomor (650) 623-6706,  maka akan terdengar "Katakanlah Kata Kunci Pencarian Anda" dan kemudian "ucapkan kata kunci". Selanjutnya mereka akan menuggu mesin pencari Google menampilkan halaman hasil pencarian yang di minta. Atau dengan meng-klik pada link untuk membuka halaman pencarian yang diminta. (Wikipedia)
 
Setelah terakhir merilis Goole Maps Indonesia, Rabu (16/3/2011), Google juga memperkenalkan layanan Google Voice Search yang dapat mengenali Bahasa Indonesia. "Hal ini sesuai komitmen kami untuk terus menyediakan layanan sesuai kebutuhan lokal di Indonesia," kata Derek Callow, Head of Marketing Google Southeast Asia, di Jakarta, Rabu (16/3/2011). Google Voice Search juga dibuat untuk mendukung berbagai platform. Saat ini tersedia untuk Android, iPhone, dan BlackBerry. Pengguna Google Voice Search harus mengunduh aplikasi tersebut ke ponselnya. Untuk mendapatkannya telah tersedia di App Store atau anda dapat mengunjungi nya disini. (KOMPAS.com)

Indonesia Country Representative Google Southeast Asia, Henky Prihatna menjelaskan beberapa tahapan mulai dari pengguna mengucapkan kata kunci yang diinginkan sampai hasil pencarian yang tersaji pada ponsel.

Berikut urutan kerjanya:
1. Pengguna mengucapkan kata kunci ke Google Voice Search
2. Kata kunci itu kemudian distream ke sistem komputasi awan (cloud computing) Google
3. Google menyeleksi audio mana yang penting
4. Modal akustik Google akan mencari suaka kata pada voice tadi
5. Setelah mendapatkan suka kata, Google kemudian mencari kemungkinan yang paling tepat untuk ekspresi yang diucapkan pengguna lalu mengirim hasilnya ke ponsel

"Semua tahapan itu bekerja di sistem komputasi awan Google," kata Henky.(Tempointeraktif.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar